SEKAPUR SIRIH


  1. GPPU  
  2. Artikel  
  3. Selayang Pandang


Jumat,14 Agustus 2020, 10:44 WIB

SEKAPUR SIRIH ....


Tiada terasa tahun ini GPPU beranjak ke usia yang ke 50. Usia 50 menandakan kedewasaan  karena sudah bisa hidup mandiri dan menentukan arah hidupnya. Sifat ketergantungan sedikit demi sedikit harus bisa ditingggalkan.


Kita bersyukur juga sebab bertepatan dengan menginjak usia 50, tahun ini  Negara yang kita cintai merayakan Kemerdekaannya yang ke 75.  Dirgahayu Republik Indonesia. Hiduplah Bangsaku. Rakyatku  dan Negeriku tercinta!  Jayalah Pancasila! Kokohlah NKRI! Mantaplah Bhinneka Tunggal Ika! 

Bila menoleh ke belakang sejenak, sudah jauh kita melangkah dan sudah banyak yang kita buat untuk menyediakan supply  asupan protein hewani, khususnya dari produk ayam, meskipun mungkin secara nasional dibandingkan dengan 267 juta penduduk Indonesia, sumbangan kita belum bisa dikatakan sudah maksimal dan optimal. 

Sebagai suatu wadah bersama para pembibit ayam ras, GPPU  secara profesional seharusnya hanya fokus pada hal-hal yang berkaitan dengan pembibitan khususnya broiler. Akan tetapi dalam perkembangannya kemudian, GPPU  tidak hanya memusatkan diri pada pembibitan, namun juga “dipaksa oleh keadaan “   untuk juga mengurusi  masalah-masalah di luar urusan “rumah tangganya sendiri”,  seperti urusan budi daya, masalah supply dan demand, problem persaingan usaha dengan segala masalahnya,  seperti tuduhan kartel dan persaingan tidak sehat, sampai pada permasalahan  CSR serta “operasi pasar”   menjelang hari-hari  besar keagamaan. Belum lagi melayani tuntutan dan permintaan dari rekan-tekan  peternak mandiri  serta undangan serba mendadak dari  instansi-instansi Pemerintah berkaitan dengan  keseimbangan  supply dan demand  serta masalah harga daging ayam karkas dan  ayam hidup (Live Birds)   yang sangat fluktuatif, bahkan “anjlog”  sampai di bawah  HPP.  Juga timbulnya  berbagai  keluhan teman-teman petelor/ peternak layer yang selalu mempunyai sasaran tembak kepada GPPU karena dianggap mengacaukan  harga telor konsumsi  dengan  menjual beberapa telor  HE.   Itulah sekelumit bebarapa  gerak dinamika  GPPU  yang bisa kami goreskan  sehubungan  dengan menyambut  ulang tahun assosiasi GPPU  ke 50  dan dalam waktu dekat ini Hari Ulang Tahun Kemerdekaan R.I.  Ke  75 .

Dan puja  serta  puji syukur  kepada TUHAN Yang Maha Esa kita haturkan karena tahun ini GPPU juga boleh  meluncurkan Website Resmi  GPPU.   Media dan komunikasi digital lewat dunia maya saat ini merupakan  tuntutan mutlak, yang tidak bisa dihindari oleh siapa pun juga.  Karena itu  -   suka, tidak suka,   senang, tidak senang  -  hadirnya  Website GPPU  fidak bisa  dielakkan lagi! 

Marilah, teman-teman GPPU  khususnya  Saudara-saudara yang kita  banggakan, serta Saudara-saudaraku para peternak dan semua insan perunggasan  dan para pemangku kepentingan baik dari unsur pemerintahan, masyarakat luas, berbagai asosiasi  maupun organisasi, mari kita manfaatkan media  Website GPPU   ini sebagai  sarana  untuk terus menjalin  tali persaudaraan,  persatuan dan relasi silaturahmi di antara kita. Demikian pula kita jadikan sarana edukasi  untuk saling berbagi pengalaman, kemampuan, kemahiran, berbagai saran bahkan kritik.  Dan sekaligus kita manfaatkan sebagai sarana untuk mencari solusi atas permasalahan yang kita hadapi bersama.

Kehadiran Covid 19 selain menyentak dan membuat kehidupan keseharian kita menjadi terhenti total yang menyebabkan kerugian finansial dan non finansial yang tidak terhingga, juga  telah memaksa kita untuk meninjau ulang atas perilaku dan praktek bisnis yang selama ini kita lakukan. Kita dipaksa untuk menemukan innovasi dan berbagai cara baru untuk menyesuaikan dengan pelbagai perubahan dan pembaharuan. Arus digitalisasi tidak dapat dibendung, media komunikasi sosial membanjiri semua aspek kehidupan, tidak terkecuali dunia bisnis dan perdagangan.  Karena itu, kita semua saat  ini perlu lebih menjalin komunikasi dan membangkitkan kembali rasa solidaritas sosial di antara kita, sehingga kita bisa memecahkan secara bersama berbagai  permasalahan bangsa dan khususnya persoalan dunia perunggasan dengan segala dinamikanya. 

Semoga Semangat Merah Putih dan Gelora perjuangan para perintis serta pendiri bangsa kita dapat kita gelorakan kembali dengan bentuk dan sarana yang sesuai dengan zaman now. Mari maju bersama!  Ciptakan kesejahteraan yang merata! 


Jakarta, menjelang Kemerdekaan RI ke 75.

Merdeka! Salam Pancasila!


Krissantono.
 


Artikel Lain

Mencintai Profesi Sepenuh Hati

Minggu,16 Agustus 2020

Bekerja dengan cinta agar semua terasa ringan dan menyenangkan menuntun kiprahnya selama 40 tahun di…


Supply Chain Industri Ayam Dan Telur

Sabtu,15 Agustus 2020

Infografis tentang Supply Chain Industri Ayam Dan Telur di Indonesia


Cegah Stunting dengan Konsumsi Protein Hewani

Jumat,14 Agustus 2020

Indonesia merupakan salah satu negara dengan triple ganda permasalahan gizi. Indonesia adalah negara…


Menjaga Ketahanan Pangan Sektor Perunggasan

Jumat,23 Agustus 2019

Kekalahan Indonesia atas gugatan Brasil di sidang WTO membuat dinamika perunggasan nasional cukup menarik…



Keep in touch with us


Jl. Gn. Sahari No.11, RT.11/RW.6, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

info@gppu-id.org

(021) 62317902

Your message has been sent. Thank you!
 

© 2019 GPPU. All Rights Reserved