Indonesia Ekspor 58.000 Butir Telur Tetas ke Myanmar


  1. GPPU  
  2. News  
  3. Berita GPPU


Senin,09 November 2020, 12:14 WIB

Indonesia Ekspor 58.000 Butir Telur Tetas ke Myanmar


Indonesia berhasil melakukan ekspor hatching egg, alias telur tetas ke negara lain (28/10/2020). Kali ini ekspor dilakukan oleh anggota Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas (GPPU), yaitu PT Cheil Jedang (CJ PIA) ke Myanmar. Jumlah hatching egg yang diekspor mencapai 58.000 butir, senilai Rp1,88 miliar, atau USD130 ribu.

Walaupun ekspor tersebut merupakan yang perdana bagi CJ PIA, namun telur tetas yang dikirim tidak diragukan kualitasnya. Telur tetas yang diekspor dihasilkan dari grand parent stock (GPS) unggul strain ross umur 30 minggu, untuk kemudian ditetaskan menjadi day old chick (DOC) parent stock.

Pelepasan ekspor dilakukan di Balekambang, Nagrak, Sukabumi, yang juga merupakan lokasi produksi CJ PIA. Hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Perbibitan dan Produksi Ternak Kementan, Sugiono; dan Kadis Peternakan Kabupaten Sukabumi, Iwan Karmawan; Direktur PT. CJ PIA, Mr. Park In Suh; serta Associate Director PT. CJ PIA, Dewa Putu Sumerta.

Sugiono yang mewakili Kementan mengaku bangga dan mengapresiasi kinerja CJ PIA. Menurutnya, selain selaras dengan Gerakan Tiga Kali Ekspor (Gratieks) yang dicanangkan pemerintah, ekspor yang dilakukan CJ PIA juga menjadi bukti bahwa kebijakan pengendalian supply and demand tidak mengurangi kemampuan ekspor perusahaan. Program Gratieks menargetkan peningkatan volume ekspor peternakan sebesar 300%, atau menjadi 884.212 ton, ke 100 negara tujuan hingga 2024.

Sementara itu, Direktur PT. CJ PIA, Mr. Park In Suh, mengungkapkan bahwa pihaknya  bekerja sangat keras agar mampu menjawab tantangan pemerintah untuk tetap mampu melakukan ekspor, apalagi di tengah kondisi masa pandemi covid-19 dan lemahnya daya beli masyarakat seperti saat ini.

Di tempat sama, Dewa Putu Sumerta menambahkan. Menurutnya, CJ PIA berkomitmen untuk dapat mengekspor telur tetas dengan kuantitas dua kali lipat lebih baik, dan tahun depan akan memperluas target pasar ekspor, termasuk ke Vietnam.


Kinerja Gemilang

Keberhasilan CJ PIA, melengkapi kegemilangan kinerja yang ditunjukkan anggota GPPU. Sebelumnya, PT Japfa Comfeed Indonesia, Tbk. melalui anak usaha PT Agrinusa Jaya Santosa juga melakukan ekspor ke India (21/10/2020). Produk yang dikirim yaitu 27 ton premix vitamin dan mineral senilai USD 213.000.

Begitu juga PT Charoen Pokphand Indonesia yang belum lama ini mengekspor DOC, pakan ternak, ayam griller, dan olahan ayam, ke negara-negara seperti Timor Leste, Papua Nugini, serta Jepang.  

Kemudian, PT Malindo Feedmill Tbk, melalui anak usahanya, PT Malindo Food Delight juga mengekspor 1 kontainer (6 ton) produk olahan ayam seperti nugget, tempura, karage black pepper dan chicken spicy karage ke Jepang (1/9/2020).

Ekspor juga pernah dilakukan oleh angota GPPU lainnya, yaitu PT Sierad Produce, Tbk. Melalui anak usaha PT Belfoods Indonesia, ekspor ditujukan ke Jepang berupa produk nugget yang dilakukan pada 2018.


Berita Lain

Indonesia Ekspor Olahan Ayam ke Bangladesh

Minggu,29 Agustus 2021

Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas (GPPU), melalui anak usaha anggotanya kembali berhasil melakukan…


Ekspor Peternakan Menjadi Yang Terbesar Ke-2 Dalam Merdeka Ekspor

Kamis,19 Agustus 2021

Presiden RI Joko Widodo, secara virtual dari Istana Bogor melakukan pelepasan ekspor produk pertanian…


Anggota GPPU Kembali Ekspor Telur Tetas

Kamis,19 Agustus 2021

Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas (GPPU) melalui anggotanya, PT Januputra Sejahtera, kembali berhasil…


Merdeka!

Selasa,10 Agustus 2021

Mari sambut hari kemerdekaan dengan tetap menjaga kesehatan melalui konsumsi makanan berprotein tinggi…


JAPFA Bagikan Ayam dan Telur Gratis Selama PPKM

Senin,09 Agustus 2021

Pandemi yang masih berlangsung memaksa pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat…


Agenda Perunggasan
ILDEX INDONESIA Expo & Forum

Keep in touch with us


Jl. Gn. Sahari No.11, RT.11/RW.6, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

admin@gppu-id.org

(021) 62317902

Your message has been sent. Thank you!
 

© 2019 GPPU. All Rights Reserved