Indonesia Ekspor Olahan Ayam ke Bangladesh


  1. GPPU  
  2. News  
  3. Berita GPPU


Minggu,29 Agustus 2021, 11:59 WIB

Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas (GPPU), melalui anak usaha anggotanya kembali berhasil melakukan ekspor. Adalah PT. Taat Indah bersinar yang melakukannya dengan mengirim sebanyak 18 ton produk ayam olahan tujuan Bangladesh.  

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, berkesempatan langsung hadir untuk melakukan seremoni pelepasan ekspor yang dilakukan di salah satu pabrik pengolahan unggas di Karawang, Jawa Barat (27/8/2021).

“Ini tentu saja membanggakan, bahwa anak bangsa Indonesia bisa melakukan upaya-upaya maksimal menumbuhkan ekonomi kita, lebih khusus menjangkau kepentingan dan kebutuhan negara-negara lain yang ada di dunia,” ujar Mentan dalam sambutannya.

Mentan menegaskan bahwa pihaknya berkomitmen mendorong peluang ekspor bagi para pelaku usaha peternakan. Selain juga berkomitmen mempermudah perijinan ekspor dan memfasilitasi peternak untuk eksis dan meningkatkan skala usaha budi daya ayam.

 

“Ini solusi bagi peternakan, berternak dalam lima lupuh hari menghasilkan tentu kalau ada industrinya begini, ini menjadi muaranya. Ini akan memotivasi pelaku lain melakukan ekspor komoditas peternakan dengan memastikan kualitas, kuantitas, kontinuitas serta efisiensi usaha agar mampu bersaing. Kita harus berani menembus negara-negara tetangga, kita harus berupaya keras, ungkap Mentan.

Tjandra Srimulianingsih, Dirut PT Taat Indah Bersinar, mengatakan bahwa ekspor ke Bangladesh akan dilakukan secara bertahap hingga akhir tahun 2021. Ia juga mengatakan bahwa suplai bahan baku didapat dari peternakan yang menerapkan good farming practice dan di bawah pengawasan dokter hewan dan sarjana peternakan berpengalaman.

“Kami mengapresiasi pemerintah yang membantu terlaksannya ekspor. Dalam kondisi menegangkan seperti saat ini, Kementan melayani kami melalui online sehingga semua persyaratan ekspor dapat kami selesaikan secara teknis maupun secara administratif,” papar Tjandra.

Ditempat sama, Nasrullah, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan, mengatakan bahwa kapasitas produksi daging ayam ras dalam negeri pada 2021 sebesar 3,5 juta ton, sedangkan tingkat konsumsi sebesar 3,12 juta ton. Artinya ada potensi surplus 377 ribu ton daging ayam untuk diekspor.

“Saat ini baru tercatat sembilan perusahaan pelaku usaha ekspor unggas di Indonesia, dengan pelepasan ekspor pada hari ini, maka PT. Taat Indah Bersinar menggenapkan menjadi 10 pelaku usaha ekspor produk unggas,” jelasnya.

Berdasarkan data BPS, kinerja ekspor komoditas peternakan periode bulan JanuariJuli 2021 mencapai 192.034 ton dengan nilai USD 807.587.385 atau setara Rp11,7 Triliun. Dibandingkan periode yang sama pada 2020, volume ekspor meningkat 9,72%, sedangkan nilainya meningkat 72,9%.

“Berbagai komoditas peternakan Indonesia telah mampu menembus pasar dunia, pertumbuhan ekspor produk unggas sejak tahun 2018 sudah mengalami pertumbuhan rata-rata 37% setiap tahunnya. Yakni ke beberapa negara seperti Jepang, Singapura, Timor Leste, Papua New Guinea, dan Myanmar,” tutup Nasrullah.


Berita Lain

Ekspor Peternakan Menjadi Yang Terbesar Ke-2 Dalam Merdeka Ekspor

Kamis,19 Agustus 2021

Presiden RI Joko Widodo, secara virtual dari Istana Bogor melakukan pelepasan ekspor produk pertanian…


Anggota GPPU Kembali Ekspor Telur Tetas

Kamis,19 Agustus 2021

Gabungan Perusahaan Pembibitan Unggas (GPPU) melalui anggotanya, PT Januputra Sejahtera, kembali berhasil…


Merdeka!

Selasa,10 Agustus 2021

Mari sambut hari kemerdekaan dengan tetap menjaga kesehatan melalui konsumsi makanan berprotein tinggi…


JAPFA Bagikan Ayam dan Telur Gratis Selama PPKM

Senin,09 Agustus 2021

Pandemi yang masih berlangsung memaksa pemerintah menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat…


CPI Berikan Ready Meal Untuk Para Tenaga Kesehatan

Senin,02 Agustus 2021

Tenaga kesehatan menjadi tulang punggung selama pandemi melanda. Dengan melihat kenyaataan tersebut…


Agenda Perunggasan
ILDEX INDONESIA Expo & Forum

Keep in touch with us


Jl. Gn. Sahari No.11, RT.11/RW.6, Kota Tua, Ancol, Pademangan, Kota Jkt Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 14430

admin@gppu-id.org

(021) 62317902

Your message has been sent. Thank you!
 

© 2019 GPPU. All Rights Reserved